Selasa, 15 Mei 2012

Mumet banget

Biar kata lahir di Bandung, gue sama sekali gak bosen buat terus-terusan ngunjungin kota Kembang itu. Setelah insiden harus-pindah gara-gara kerjaan bokap, gue yang harus ngerelain kehilangan temen-temen kece gaul dan notabene keren abis itu, kira-kira 10 hari lagi gue bakal menginjakkan kaki di Bandara Hussein Sastranegara itu. Rasanya? Berasa jadi lebih gaul gitu guenya.

Beberapa bulan yang lalu, gue sempet komunikasian lagi sama temen gue yang namanya Ola itu. Masih pada inget dong kan? Nah, setelah gue tau kalo dia sekarang bakal long-stay di Bandung, keinginan gue buat keBandung malah makin berkibar-kibar. Rasanya tuh, pengen banget cepet-cepet hari H-nya dan berangkat kesana. Walaupun niat awalnya buat Test SNMPTN sih.

Ngomong-ngomong soal SNMPTN 2012 nih, gue ada ketakutan tersendiri, konon dari yang gue denger pemerintah cuma buka 120.000 bangku buat anak-anak yang SNMPTN. Sementara, dari yang gue lacak, tiap taunnya paling enggak ada 1juta siswa yang lulus SMA.


Nah, kalo gue buat gini nih, 10% dari jumlah anak yang lulus tidak melanjutkan pendidikan ketingkat kuliah. It's O.K kan? Trus, 20% diantaranya juga memilih melanjutkan pendidikan ke luar negeri (secara ada banyak banget gitu universitas-universitas luar yang ngasih beasiswa ampun-ampunan). Trus 30% milih buat kuliah swasta aja di Indonesia. Nah, yang terakhir 15% milih buat kuliah sambil kerja alias kuliah Non-Reguler gitu. Jadi totalnya berapa? 75% dari 1juta murid yang lulus SMA tidak mengambil jalur SNMPTN. Sisanya 25% pastinya ngambil jalur SNMPTN.

Trus, 25% dari 1juta ini kan sekitar 250.000 orang, sementara pemerintah hanya membuka 120.000 kursi buat tahun ini, lalu pertanyaan gue, bakal kemana yang 130.000 orang itu? Mungkin diantara mereka ada yang bernasib mujur keterima di Sekolah Tinggi dibawah kementerian dengan iming-iming ikatan dinas, tapi berapa banyak sih yang bisa lulus?

Itu baru yang tamat SMA aja ya, kan masih ada tuh anak-anak yang jebol swasta juga ujung-ujungnya tes lagi buat ngambil SNMPTN. Kadang gue miris juga sih. Gue kadang mikir Jadi begimane ini hidup gue ntar kalo gak jebol SNMPTN ye? Sampai gue rela bayar warnet buat maen tiga jam buat searching tentang PG (Passing Grade) atau banyaknya peminat per-tahun yang lalu. Saking mirisnya.

Gue sih ngewakilin suara anak-anak fresh-graduate yang baru lulus SMA nih ye om.. tante.. pak.. buk... Bo' ya diselaraskan atuh jumlah kursi sama peminatnya. Jadi gak banyak siswa-siswi harapan bangsa yang terbengkalai. Sumber Daya Manusia kita rendah loh bapake.. Masa udah tau rendah, gak mau ditingkatin ya kan? C'mon deh!

Anw, no offense ye. Gue cuma sedikit berbasa basi aja abis baca buku-buku SNMPTN. Gile mumet ampun-ampun deh!
salam gaul,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar